Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Naskah artikel atau ulasan buku yang diserahkan kepada HUPERETES belum pernah dipublikasikan sebelumnya dalam bahasa apapun atau tidak sedang dipertimbangkan oleh penerbit mana pun. Penulis harus menyertakan surat pernyataan bahwa artikel tersebut adalah asli dan tidak mengandung unsur plagiarisme serta surat pernyataan penyerahan hak cipta naskah.
  2. Naskah artikel yang diserahkan harus berupa esai akademis dan merupakan hasil penelitian kualitatif dan/atau kuantitatif yang sesuai dengan fokus dan lingkup HUPERETES yaitu teologi biblika, teologi sistematika, teologi praktika, misiologi, dan pendidikan kristen di dalam semangat injili.
  3. Semua naskah harus diketik rapi dalam format 2 (dua) kolom, menggunakan kertas A4 dengan margin atas 0,9 inchi, bawah 0,8 inci, kiri 0,8 inci, dan kanan 0,8 inchi, jenis huruf Goudy Old Style 12 pt, dan spasi antar baris 1 (tunggal). Template artikel dapat didownload pada link Template.
  4. Semua naskah artikel dan ulasan buku yang diserahkan kepada HUPERETES akan melewati proses penelaahan melalui double blind peer-review system dengan melibatkan para akademisi dengan bidang keahlian yang sesuai sebagai mitra bestari (reviewer) HUPERETES. Penelaahan artikel oleh mitra bestari dilakukan secara anonim. Penulis juga akan menerima masukan dalam bentuk komentar-komentar dari mitra bestari secara anonim melalui dewan penyunting HUPERETES.
  5. Naskah artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dan harus sesuai dengan kaidah tata bahasa (baik Indonesia maupun Inggris) yang baik dan benar, dengan panjang sekitar 5000-10000 kata, termasuk catatan kaki. Sedangkan naskah ulasan buku haruslah berkisar antara 500 sampai 1000 kata, tergantung kepada buku yang hendak diulas.
  6. Naskah artikel ditulis dengan struktur sebagai berikut: judul artikel, nama penulis, abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan kepustakaan (daftar rujukan).
  7. Judul artikel diketik tidak lebih dari 12 kata dengan menggunakan huruf kapital pada awal kata, menggunakan font Goudy Old Style 14 pt, dan ditempatkan di tengah.
  8. Nama penulis tidak disertai dengan gelar akademik dan menggunakan font Goudy Old Style 12 pt. Secara berurutan dibawah nama penulis dicantumkan afiliasi lembaga asal dan email penulis.
  9. Abstrak menjelaskan intisari artikel yang memuat masalah, tujuan, metode dan hasil penelitian serta kesimpulan. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, dengan panjang masing-masing 150-250 kata. Sedangkan kata kunci terdiri dari maksimal 5 kata.
  10. Pendahuluan dikembangkan dalam bentuk paragraf dengan panjang 15-20% dari panjang keseluruhan naskah. Bagian ini memaparkan latar belakang, landasan teori, masalah, rencana pemecahan masalah, dan tujuan penulisan.
  11. Metode berisi uraian tentang metode yang digunakan dalam penelitian baik yang bersifat tekstual (biblika) maupun lapangan, obyek atau tempat penelitian, sumber data, prosedur penelitian, dan alur penulisan. Bagian ini ditulis dalam bentuk paragraf dengan panjang 10-15% dari panjang keseluruhan naskah.
  12. Hasil dan Pembahasan berisi paparan hasil temuan penelitian dan pembahasannya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab pertanyaan atau hipotesis penelitian. Jika penelitiannya bersifat tekstual biblika, maka bagian ini berisi hasil eksegesis atau eksposisi dari teks Alkitab yang diteliti sesuai dengan topiknya.
  13. Kesimpulan bukan berisi pengulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi merupakan intisari dari hasil penelitian dan relevansinya, serta diuraikan dalam bentuk paragraf.
  14. Format pengutipan dan penulisan footnote serta kepustakaan (daftar rujukan) menggunakan The Chicago Manual of Style (Turabian) edisi 8 dengan menggunakan software manajemen referensi Mendeley.
  15. Gunakan nama lengkap untuk referensi kitab-kitab dalam Alkitab di dalam isi artikel. Untuk referensi di dalam tanda kurung atau catatan kaki, singkatan kitab-kitab dalam Alkitab harus mengikuti petunjuk LAI.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in Microsoft Word document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses Goudy Old Style font with a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan dan tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.